TERBARU

Jumat, 12 Oktober 2012

MAKHLUK HIDUP DAN CIRI-CIRINYA

MAKHLUK HIDUP DAN CIRI-CIRINYA

Kalau kita memperhatikan benda-benda yang ada di sekitar kita, kita akan melihat benda-benda tersebut ada yang berpindah tempatnya, ada yang makin besar dan makin tinggi, ada yang makin kuat atau keras (seperti: burung, ikan, orang, cacing, ayam, pohon, kambing, dan lain-lain).  Tetapi ada juga yang tetap saja pada tempatnya, tidak bertambah besar dan tingginya atau atau tidak berubah (seperti: batu, besi, tembok, tanah, dam lain-lain). Nah, benda-benda yang tidak berubah ini kita sebut benda mati atau benda tidak hidup. Benda-benda yang bertambah besarnya atau tingginya dan bisa berpindah tempat kita sebut benda hidup atau atau makhluk hidup. Jadi benda-benda di sekitar kita kita golongkan menjadi dua yaitu benda mati   (benda tidak hidup) dan benda hidup (makhluk hidup). Makhluk hidup yang ada di sekitar kita dapat golongkan menjadi tiga golongan makhluk hidup, yaitu: tumbuhan, hewan, dan manusia. Kita akan mempelajari dan mengenal ketiga golongan makhluk tersebut dari kesamaan ciri-cirinya, yaitu:
  a. perlu makan dan minum
  b. perlu bernafas   
  c. perlu bergerak
  d. bertumbuh dan berkembang
  e. berkembang biak
  f. memiliki tempat hidup (habitat)
  g. dapat menerima dan memberi rangsangan.

A. MAKHLUK HIDUP MEMBUTUHKAN MAKANAN DAN MINUMAN
Setiap makhluk hidup membutuhkan makanan dan minuman. Tumbuhan, hewan dan manusia harus makan dan minum. Kalau tidak makan dan tidak minum maka makhluk itu tidak akan bertumbuh dengan baik atau sakit. Bahkan kalau tidak makan dan tidak minum dalam waktu yang lama bisa menjadi mati. Jadi kegunaan makanan dan minuman bagi makhluk hidup sangat penting yaitu untuk pertumbuhan dan menjaga kesehatan. Itulah sebabnya makanan dan minuman termasuk kebutuhan pokok atau primer.
Bagaimana makhluk-makhluk itu memperoleh dan mendapatkan makanannya?
Setiap golongan makhluk hidup mempunyai cara hidup yang berbeda. Karena itu cara memperoleh makanannya juga berbeda.

1.    TUMBUHAN
Semua makhluk hidup bergantung pada bumi yang kita diami bersama. Tetapi hanya tumbuhanlah yang langsung memperoleh makanannya langsung dari dalam tanah. Untuk bertumbuh, tumbuhan hanya bergantung pada bumi dan keadaan alam, tumbuhan tidak bergantung kepada hewan dan manusia. Tumbuhan dapat membuat sendiri makanannya, karena mempunyai zat hijau daun (klorofil). Tumbuhan melalui bulu-bulu halus pada akarnya memenerobos dalam tanah untuk menemukan air dan sari makanan yang disebut zat hara. Lalu diangkut melalui batang dan ranting dibawa ke daun. Pada daun air dan zat hara dimasak. Proses memasak pada daun ini disebut fotosintesis. Tetapi supaya proses fotosintesis ini berlangsung dengan baik, tumbuhan masih membutuhkan bahan-bahan yang lain seperti: sinar matahari dan gas karbondioksida. Proses fotosintesis menghasilkan zat tepung (karbobidrat) dan oksigen (udara segar).  Zat tepung yang merupakan hasil fotosintesis diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan untuk pertumbuhan tumbuhan tersebut atau disimpan sebagai cadangan makanan bagi tumbuhan. Tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan berbeda-beda.  Ada tumbuhan yang menyimpan cadangan makanannya pada akar, batang, daun, buah atau yang lainnya. Biasanya bagian tumbuhan yang dijadikan manusia sebagai bahan makanan merupakan tempat  menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan.  Contoh, batang tebu kita jadikan sebagai bahan membuat gula dan minuman, berarti tanaman tebu menyimpan cadangan makanannya pada batangnya.

2.    HEWAN
Hewan memperoleh makanan dari lingkungan tempatnya hidup. Ada yang makan rumput atau tumbuhan saja, ada yang makan daging (hewan lain)  saja, dan ada yang makan rumput atau tumbuhan tetapi juga makan daging.

Hewan pemakan tumbuhan disebut herbivora. Contohnya: kambing, rusa, zebra, kerbau, dan lain-lain.
Hewan pemakan daging (hewan lain) disebut karnivora. Contohnya: harimau, singa, buaya, dan lain-lain.
Hewan pemakan tumbuhan tetapi juga pemakan daging disebut omnivora. Contohnya: beruang, kucing, tikus, dan lain-lain. Karena makanan manusia berasal dari tumbuhan dan hewan maka manusia termasuk golongan omnivora.

Kebanyakan hewan untuk memenuhi kebutuhan makanannya sangat bergantung pada tumbuhan. Tidak hanya hewan pemakan tumbuhan yang bergantung pada tumbuhan. Hewan pemakan daging juga bergantung pada tumbuhan, karena hewan yang menjadi makanannya (mangsanya) tumbuh dan makin besar karena makan rumput atau tumbuhan. Kalau rumput atau tumbuhan tidak ada di hutan maka rusa, zebra, zerafah dan hewan pemakan tumbuhan lainnya tidak bisa hidup atau mati sehingga singa dan harimaupun tidak akan mendapat makanan.

3.    MANUSIA
Cara manusia untuk mendapatkan makanan dan minuman berbeda dengan hewan. Hewan cukup menunggu dan mencari serta langsung memakannya. Manusia tidak bisa hanya menunggu, mencari dan langsung memakannya. Manusia harus mengolah bumi atau alam untuk mendapatkan bahan makanan. Dan bahan makanan inipun harus diolah lagi supaya siap dimakan. Pata petani menanam padi di sawah untuk menghasilkan padi, ditumbuk atau digiling menjadi beras dan selanjutnya dimasak menjadi nasi yang siap dimakan. Para peternak memelihara, merawat dan membesarkan anak sapi yang masih kecil dan dipotong setelah besar menjadi daging sapi, selanjutnya dimasak supaya siap dimakan. Kegiatan manusia mengolah alam dan bahan makanan disebut bekerja. Jadi manusia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan makanannya.
Apakah kegunaan makanan bagi tubuh kita?
Kita makan dan minum bukan hanya sekedar menghilangkan rasa lapar dan haus. Kita makan dan minum karena tubuh kita membutuhkannya. Jadi kita harus memenuhinya dengan baik dan teratur. Makan yang baik berarti kita memakan makanan yang sehat dan bergizi yaitu makanan yang bersih dan mengandung zat-zat atau vitamin yang dibutuhkan tubuh kita. Makan teratur berarti kita makan sesuai dengan waktu yang ditentukan dan tidak berlebihan. 
Waktu makan kita tiga kali sehari ytaitu: pagi, siang, dan sore. Rasa lapar adalah tanda yang diberikan tubuh kita supaya kita segera makan. Dan rasa haus adalah tanda bahwa tubuh kita kekurangan air sehingga harus segera minum.
Tubuh kita menggunakan makanan dan minuman untuk:
a.    sumber tenaga untuk melakukan kegiatan. Kita tidak bertenaga kalau kita lapar dan haus
b.    pertumbuhan tubuh kita, kita bertumbuh makin besar dan makin tinggi karena kita makan dan  
       minum
c.    mengganti sel-sel tubuh kita yang rusak karena luka.Lobang bekas luka akan tertutup lagi kalau
       kita makan dan minum dengan baik dan teratur
d.    menjaga, mencegah dan menangkal penyakit yang menyerang tubuh kita. Kita akan mudah
       terserang penyakit kalau kita makan dan minum tidak baik dan tidak teratur


B. MAKHJUK HIDUP PERLU BERNAFAS

Tidak ada komentar: