RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN Kramat 04 Petang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : III/1
Alokasi Waktu :
Standar Kompetensi :
2. Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
Indikator :
1. Menggunakan alat ukur panjang
A. Tujuan Pembelajaran
Melalui penjelasan, peragaan dan unjuk kerja siswa mengenal dan dapat menggunakan
alat ukur panjang
.
B. Materi Pokok
Pengukuran.
- alat ukur panjang (mistar, penggaris)
C. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa yang diharapkan
- ketelitian - kreativitas
- ketekunan - percaya diri
D. Metode dan Skenario Pembelajaran
- ceramah - Tanya jawab,
- penugasan
E. Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan Awal
Apersepsi:
- Salam, baca doa, dan absensi kehadiran siswa
- Mengondisikan siswa melalui mengemukakan materi ajar yang akan dipelajari dan tujuan
mempelajarinya
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
- Siswa memperhatikan dan mengamati beberapa alat ukur panjang yang terbuat dari
bahan yang berbeda yang guru tunjukkan
- Guru dan siswa bertanya jawab dan menggali pengalaman mereka yang relevan
dengan alat ukur panjang
2. Elaborasi
- Siswa memperhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang cara menggunakan alat
ukur panjang
- Beberapa siswa secara bergantian mengukur panjang buku, pensil atau potongan lidi
yang telah disiapkan, dan siswa yang lain memperhatikan dan menanggapinya
- Siswa mengukur panjang potongan kertas yang guru bagikan di meja masing-masing
- Siswa melaporkan hasil pengukurannya dan ditanggapi guru serta memberi penjelasan
singkat bila masih ada yang salah
3. Konfirmasi
- Siswa diberi kesmpatan untuk bertanya tentang materi ajar
-.Guru menuntun siswa membuat refleksi pembelajaran.
Kegiatan Akhir
- Guru membimbing siswa merangkum materi pembelajaran
- Guru memberikan tugas atau PR.
F. Alat dan Sumber Belajar
- Mistar (penggaris), meteran
- Buku Matematika SD Kelas III, BSE.
- LKS Matematika 3A. Kls 3 SD, BSE
G. Penilaian
A Teknik
- Tes tertulis dan perbuatan.
B. Alat tes
1. Buatlah garis lurus yang panjangnya:
a, 4 centimeter
b. 6 centimeter
c. 9 centi meter
2. Ukurlah panjang potongan kertas yang Bapak bagikan (Guru membagikan 2 (dua)
potongan kertas tiap anak dengan ukuran yang beda)
C. LEMBAR JAWABAN
1. a. .................
b. .................
c. .................
2. a ...................
b. ..................
D. Skor Nilai
No. Soal Bobot
1 3
2 2 +
Jumlah Skor 5
Nilai = Skor X 2
Mengetahui Jakarta, Nopember 2012
Kepala Sekolah Guru Kelas 3
------------------------- ----------------------------