Sabtu, 24 November 2012

RPP MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SDN Kramat 04 Petang
Mata Pelajaran               :  Matematika
Kelas/Semester              :  III/1
Alokasi Waktu               : 

Standar Kompetensi :  
     2.  Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
           pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar     : 
    2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
Indikator                    :
       1. Menggunakan alat ukur panjang

A. Tujuan Pembelajaran
     Melalui penjelasan, peragaan dan unjuk kerja siswa mengenal dan dapat menggunakan 
     alat ukur panjang
.
B. Materi Pokok
        Pengukuran.
                      - alat ukur panjang (mistar, penggaris)

C. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa yang diharapkan
        - ketelitian            - kreativitas
        - ketekunan            - percaya diri

D. Metode dan Skenario Pembelajaran
        - ceramah            - Tanya jawab,
        - penugasan

E. Kegiatan Belajar Mengajar
    Kegiatan Awal 
    Apersepsi:
    -  Salam, baca doa, dan absensi kehadiran siswa
    -  Mengondisikan siswa melalui mengemukakan materi ajar yang akan dipelajari dan tujuan
       mempelajarinya
   Kegiatan Inti
   1. Eksplorasi
       - Siswa memperhatikan dan mengamati beberapa alat ukur panjang yang terbuat dari 
          bahan yang berbeda yang guru tunjukkan
       - Guru dan siswa bertanya jawab dan menggali pengalaman mereka yang relevan  
          dengan alat ukur panjang
    2. Elaborasi
       - Siswa memperhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang cara menggunakan alat 
          ukur panjang
       - Beberapa siswa secara bergantian mengukur panjang buku, pensil atau potongan lidi 
          yang telah disiapkan, dan siswa yang lain memperhatikan dan menanggapinya
       - Siswa mengukur panjang potongan kertas yang guru bagikan di meja masing-masing
       - Siswa melaporkan hasil pengukurannya dan ditanggapi guru serta memberi penjelasan
          singkat bila masih ada yang salah
    3. Konfirmasi
       - Siswa diberi kesmpatan untuk bertanya tentang materi ajar
       -.Guru menuntun siswa membuat refleksi pembelajaran.
    Kegiatan Akhir  
       - Guru membimbing siswa merangkum materi pembelajaran
       - Guru memberikan tugas atau PR.
F. Alat dan Sumber Belajar
       - Mistar (penggaris), meteran
       - Buku Matematika SD Kelas III, BSE.
       - LKS Matematika 3A. Kls 3 SD, BSE





G. Penilaian
     A Teknik
        - Tes tertulis  dan perbuatan.
     B. Alat tes
        
        1. Buatlah garis lurus yang panjangnya:
           a, 4 centimeter
           b. 6 centimeter
           c. 9 centi meter
       
         2. Ukurlah panjang potongan kertas yang Bapak bagikan (Guru membagikan 2 (dua)
             potongan kertas tiap anak dengan ukuran yang beda)

    C.  LEMBAR JAWABAN
    
         1.  a. .................
              b. .................
              c. .................
         2.  a ...................
              b. ..................
   
    D.  Skor Nilai
            No. Soal                 Bobot
                   1                        3
                   2                        2 +
             Jumlah Skor            5
   
            Nilai = Skor X 2


                                                                                           
                     Mengetahui                                                    Jakarta,   Nopember 2012                        
                 Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas 3
                                                               


              -------------------------                                                ----------------------------

EKSPLORASI, ELABORASI, DAN KONFIRMASI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN


Kawan-kawan ada 3 (tilu) istilah yang saat ini sedang  Emm dan sering ditanyain atasankita.
Udah pada tau belon?
Mau nggak dikasih tau? Soalnya baru dapat contekan ni... dari dunia maya.
Aku nggak tau siapa yang punya.
Dari dunia maya sih.
Karena yang punya maya, ngeri juga nih, kalo ketauan.
Tolong jangan kasih tau yang punya ya.
Kalo mau ngasih tau, ke teman-teman guru aja ya!
Nih, contekannya, contekan bulat dan utuh dan nggaak robah.
Ingettin tuh ye, biar kalo ditanya bisa jawab.

A. Definisi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ketiga istilah tersebut bermakna sebagai berikut:
1. Eksplorasi adalah kegiatan untuk memperoleh pengalaman-pengalaman baru dari 
    situasi yang baru.
2. Elaborasi adalah penggarapan secara tekun dan cermat.
3. Konfrimasi adalah pembenaran, penegasan, dan pengesahan
B. Pengaplikasian ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran
Aplikasi ketiga istilah tersebut dalam rancangan dan proses pembelajaran adalah sebagai berikut ;

1. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru melibatkan siswa dalam mencari dan menghimpun informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi siswa berinteraksi sehingga siswa aktif, medorong siswa mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Kegiatan guru dan siswa dalam siklus ekplorasi adalah
Siswa
- menggali informasi dengan membaca, berdikusi, 
  atau percobaan
- mengumpulkan dan mengolah data
Guru
- menggunakan berbagai pendekatan dan media
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, 
  peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan
  sumber belajar
- melibatkan peserta didik secara aktif

2. Elaborasi
Dalarn kegiatan elaborasi, guru mendorong siswa membaca dan menuliskan hasil eksplorasi, mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan
menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Kegiatan guru dan siswa dalam siklus elaborasi adalah
Siswa
- melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau 
  tertulis, baik secara individu maupun kelompok
- menanggapi laporan atau pendapat teman
- mengajukan argumentasi dengan santun
Guru
- memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis,
  menganalisis, meemcahkan masalah, bertindak  
  tanpa rasa takut
- memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi

3. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan siswa melalui
pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan hasil belajar dengan
menggunakan teori yang dikuasi guru , menambah informasi yang seharusnya dikuasai siswa, mendorong siswa untuk menggunakan pengetahuan lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka siswa mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual. Guru membantu siswa menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan guru dan siswa dalam siklus konfirmasi
Siswa
- melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
Guru
- memberi umpan balik positif kepada peserta didik
- memberi konfirmasi melalui berbagai sumber
  terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
- berperan sebagai narasumber dan fasilitator
- memberi acuan agar peserta didik melakukan
  pengecekan hasil ekplorasi
- memberi motivasi kepada peserta didik
 
                                      maju terus guruku!!!!!!!!!

Senin, 19 November 2012

ULANGAN IPS

ULANGAN 1
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2012/2013
SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT 04 PETANG

Kelas                   :  3 (Tiga)                 Hari/Tanggal       : 
Mata Pelajaran    :  IPS                        Nama Siswa        : 
Waktu                  :  60 menit                N i l a i                :
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
I.  Silanglah huruf  (a, b, c atau d) di depan jawaban yang paling benar!
  1. Segala sesuatu yang ada di sekitar kita disebut ...
      a. benda-benda        b. lingkungan        c. kenampakan    d. pemandangan
  2. Berikut ini yang termasuk kenampakan alami adalah . . . .
      a. sawah, rumah, dan terminal        c. gunung, laut, dan sungai
      b. jalan, sawah, dan pantai            d. pantai, kebun, dan stasiun   
  3. Berikut ini yang termasuk kenampakan buatan ialah . . . .
      a. sawah, rumah, dan pasar            c. gunung, laut, dan sekolah
      b. jalan, laut, dan bukit                d. kebun, danau, dan sungai
  4. Daratan yang dialiri air dan ditanami padi disebut ....
      a. kebun        b. danau        c. sawah        d. sungai
  5. Genagan air yang sangat luas dan di tengah daratan disebut ...
      a. pantai        b. sungai        c. sawah        d. danau
  6. Di bawah ini yang merupakan manfaat sungai adalah . . . .
      a. tempat menanam padi        c. untuk mencuci
      b. untuk berteduh                d. memelihara ikan
  7. Air terjun dapat dimanfaatkan untuk ....
      a. menggerakkan turbin            c. mengairi sawah
      b. menggerakkan rakit                d. 
  8. Salah satu cara memelihara lingkungan yaitu.... . . . .
      a. mencoret-coret tembok            c. jajam di sembarang tempat 
      b. membuang sampah ke selokan        d. membuang sampah pada tempatnya
  9. Cuntuh perbuatan yang tidak melestarikan lingkungan yaitu . . . .
      a. menebangi pohon sembarangan        c. menyirami tanaman
      b. membersihkan saluran air            d. memupuk  tanaman
10. Orang yang bertanggung jawab memelihara kebersihan sekolah adalah . . .
      a. Kepala Sekolah    b. Guru-guru   c. penjaga sekolah  c. semua warga dekolah


III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
 1. Apa yang dimaksud dengan lingkungan alami?
 2. Apa yang dimaksud dengan pantai?
 3. Uraikanlah 3 (tiga) manfaat danau!
 4. Mengapa lingkungan harus kita lestarikan?
 5. Tuliskan 2 (dua) contoh upaya pelestarian sekolah!









 
ULANGAN FORMATIF 2
SDN KRAMAT 04 PETANG

Kelas                   :  3 (Tiga)                                          Hari/Tanggal       : 
Mata Pelajaran     :  IPS                                                Nama Siswa        : 
Waktu                   :   60 menit                                       N i l a i                :
---------------------------------------------------------------------------------------------------
I.  Silanglah huruf  (a, b, c atau d) di depan jawaban yang paling benar!
  1. Gambar yang menunjukkan letak suatu benda/tempat disebut . . . .
      a. atlas                        c. denah
      b. lingkungan                    d. mata angin
  2. Penunjuk arah pada denah disebut . . . .
      a. garis                        c. arah mata angin
      b. legenda                    d. keterangan
  3. Pada gambar arah mata angin utara terletak di bagian .....
      a. atas                            b. kanan
      c. bawah                        d. kiri
  4. Arah mata angin yang menunjukkan tempat  terbitnya matahari adalah arah . . . .
      a. timur                        c. selatan
      b. barat                        d. utara
  5. Gambar yang menunjukkan sebagian atau seluruh permukaan bumi disebut ....
      a. denah                        c. atlas
      b. peta                           d. mata angin
  6. Jika ingin mengunjungi tempat yang belum diketahui letaknya sebaiknya kita
      membawa . .
      a. gambar rumah                         c. atlas
      b. denah tempat tujuan                d. catatan tentang jarak
  7. Kegunaan denah adalah . . . .
      a. mempermudah bertanya            c. menghemat biaya
      b. mempermudah belajar            d. memudahkan mencari tempat
  8. Ketika kita menghadap ke Timur, maka belakang kita adalah arah  . . . .
      a. Tenggaara                    c. Selatan
      b. Utara                           d. Barat   
  9. Bila dalam suatu denah terdapat Ruang UKS, Ruang Perpustakaan,
      Ruang Kelas III,  dan Ruang Guru maka denah tersebut adalah . . . .
      a. rumah                         c. Kampung
      b. pasar                           d. Sekolah
10. Perbandingan ukuran pada gambar dengan ukuran semestinya disebut
      a. skala                          c. legenda
      b. denah                        d. atlas


II. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkatdan jelas!

1. Gambarlah arah mata angin lengkap dengan nama-namanya!
2. Bagaimana cara menggambar denah rumah?
3. Apakah yang dimaksud dengan peta?
4. Tuliskanlah 5 (lima) unsur-unsur peta!
5. Gambarlah 3 (tiga) simbol dalam peta dan artinya?

ULANGAN IPA


 ULANGAN 1
SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT 04 PETANG
Jalan Kali Baru No. 34, Jakarta Pusat
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kelas/Semester    Mata Pelajaran      Waktu         Hari/Tanggal           Mama Siswa             Nilai
    3  /  I                          I P A             60 menit          
Standar Kompetensi   : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta
                                          hal-hal ang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
I.   Silanglah (X) huruf d jawaban yang dianggap paling benar !

1. Kelompok berikut yang tergolong makhluk hidup adalah....
     a. Ikan,benalu dan air                       b. Rumput,batu dan sapi          
     c. Ayam,sapi dan anggrek                d. Udara,kerbau dan angsa
 2. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendirin adalah ....
     a. manusia       b. hewan        c. tumbuhan            d. biinatang
     3. Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air dan zat hara dari dalam tanah adalah ....
     a. daun           b. akar           c. batang             d. bunga  
4. Nama lain untuk zat hijau daun adalah ....
     a. lentisel           b. stomata           c. klorofil             d. fotosintesis  
5. Makanan hewan seperti pada gambar di samping adalah ...
      a.   tumbuhan                 b. rumput
      c.   daging                      d. tumbuhan dan daging
 6. Di bawah ini yang tidak termasuk golongan tumbuhan beradasrkan batangnya adalah ...
     a. batang pohon                b, batang kayu  
     c. batang basah                d. batang rumput
 7. Hewan di bawah ini berkembang biak dengan cara bertelur adalah ....
      a. ayam, ikan, bebek, burung          b. huda, ayam, sapi, kucing burung
     c. kelelawar, jangkrik, harimau       d. ikan, ular, belalang, kerbau, kelinci
 8. Hewan di bawah ini yang bernapas dengan insang adalah ...
     a. ayam            b. ikan                    c. .kerbau             d. belalang
 9. Alat pernapasan hewan seperti pada gambar disamping adalah ...
     a. insang                                     b. paru-paru
     c. trakhea                                    d. lentisel
10.Tempat hidup katak adalah ....
     a. udara.           b. air            c. darat              d. air dan darat  

II.  Isilah kolom pada tabel dibawah ini dengan benar!

No    Nama tumbuhan    Jenis akar    Jenis batang    Jenis daun
1     Padi          
2    Jagung          
3     Kacang          
4     Mangga          
5     Jeruk          
  
No    Nama hewan    Jenis makanan    Alat pernapasan    Cara berkembang biak
1    Kambing          
2    Hiu          
3    Ayam          
4    Katak          
5    Belalang          

                                                                 Selamat bekerja


ULANGAN 2
SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT 04 PETANG
Jalan Kali Baru No. 34, Jakarta Pusat
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kelas/Semester    Mata Pelajaran     Waktu          Hari/Tanggal               Mama Siswa       Nilai
        3  /  I                     I P A           60 menit          
Standar Kompetensi   : 1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta
                                          hal-hal yang  mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
I.. Silanglah (X) huruf (a,b, c atau d) di jawaban yang paling benar !
    1. Bertumbuh sama artinya dengan ….
        a. bertambah besar                b. bertambah pandai
        c. bertambah kecil                d. bertambah banyak
    2. Di bawah ini yang tidak mempengaruhi pertumbuhan makhluk hidup  adalah ….
        a. keturunan        b. makanan        c. lingkungan        d. pendidikan
    3. Makanan pokok manusia banyak mengandung …
        a. vitamin        b. mineral        c. karbohidrat    d. protein
    4. Zat makanan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia adalah ….
        a. karbohidrat        b. vitamin        c. protein        d. zat besi
    5. Makanan yang banyak mengandung protein adalah ….
        a. nasi            b. sayur        c. buah         d. lauk
   6. Makanan seperti padagambar di samping banyak mengandung ….
        a.    vitamin
        b.    protein
        c.    lemak
        d.    karbohidrat         
    
    7. Zat protein yang berasal dari hewan disebut …
        a. protein nabati    b. protein alami    c. protein buatan    d. protein hewani
    8. Termasuk bahan makanan tambahan yaitu ….
        a. pewarna dan penyedap makanan    .b. sayuran dan buah
        c. lauk dan sayuran                 b. nasi, sayur dam buah   
    9. Bahan pewarna makanan yang baik terbuat dari ….
        a. bahan kimia                     b. bahan tumbuhan
        c. bahan sintesis                 d. bahan hewani
    10. Makanan yang sedang dimasak dibubuhkan penyedap makanan agar ….
        b. lebih matang    b. lebih menariik    c. lebih lezat        d. lebih banyak

II. Jawablah pertanyaan-peranyaan di bawah ini dengan singkat dan  benar!
     t. Tuliskanlah 3 (tiga) bukti bahwa makhluk hidup betumbuh!
    2  Apakah yang dimaksud dengan makanan bergizi?
    3. Tuliskanlah unsur-unsur empat sehat lima sempurna!@
    4. Tuliskanlah 3 (tiga) contoh makanan yang banyak mengandung karbohirat!
    5. Apakah kegunaan karbohidrat bagi tubuh manusia?
    6. Tuliskanlah 2 (dua) makanan yang banyak mengandung lemak!
    7. Apakah kegunaan lemak bagi tubuh manusia!
    8. Tuliskanlah 3 (tiga) manfaat zat protein bagi tubuh manisia!
    9.  Tuliskanlah 2 (dua) macam tanaman yang dapat dijgunakan sebagai pewarna makanan!
   10. Tuliskanlah 2 (dua) macam tanaman yang dapa djgunakan sebagai pengawet makanan!

                                                             Selamat bekerja



ULANGAN 3
SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT 04 PETANG
Jalan Kali Baru No. 34, Jakarta Pusat
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kelas/Semester    Mata Pelajaran      Waktu       Hari/Tanggal        Mama Siswa           Nilai 
   3       I                       I P A             60 menit          
Standar Kompetensi   : 2. Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap
                                          kesehatan dan upaya menjaga kesehatan lingkungan  
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
I. ISILAH TITIK-TITIK DI BAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN BENAR!
      1. Bila di sekitar kamu terdapat ruangan kelas, halaman, ruang guru, dan perpustakaan   
          berarti kamu berada di lingkungan ....
      2. Lingkungan yang sehat adalah lingkungan yang ....
      3. Ciri lingkungan rumah bersih adalah sampah tidak berserakan dan .....
      4. Supaya lingkungan sekolah sehat, perlu dipelihara kebersihannya dan menanami ....
      5. Tanaman dipekarangan rumah dan sekolah berguna untuk ....
      6. Udara yang sehat adalah udara yang banyak mengandung ....
      7. Pencemaran udara disebut juga ....
      8. Pencemaran udara di kota terutama disebabkan oleh ....
      9. Menghirup udara yang tercemnar dapat menyebabkan penyakit ....
    10. Menimbun plastik di dalam tanah dan membuang oli ke tanah dapat menyebabkan ....
    11. Sampah dan kotoran berupa cairan disebut ...
    12. Sampah yang berasal dari sisa makanan disebut ....
    13. Plastik bungkus jajanan, potongan besi, kaleng bekas, karet adalah contoh sampah .....
    14. Memanfaatkan sampah sebagai bahan untuk menghasilkan barang lain disebut  .....
    15. Sampah dibuang ke ....
II. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN JELAS!
      1. Jelaskanlah arti lingkungan! ________________________________________________
            ______________________________________________________________________
             ______________________________________________________________________
      2. Tuliskanlah 3 (tiga) macam pencemaran lingkungan?____________________________
           ______________________________________________________________________
           ______________________________________________________________________
      3. Uraikanlah 2 (dua)  usahamu untuk memelihara lingkungan ruman! _________________
          ______________________________________________________________________
          ______________________________________________________________________
       4. Tuliskanlah 3 (tiga) macam  penyebab pencemaran udara! _______________________
          ______________________________________________________________________
          ______________________________________________________________________
      5.  Siapakah yang bertanggung jawab memelihara lingkungan sekolah? _______________
           ______________________________________________________________________
            ______________________________________________________________________
                                                              Selamat bekerja

  ULANGAN 4
  SEKOLAH DASAR NEGERI KRAMAT 04 PETANG
  Jalan Kali Baru No. 34, Jakarta Pusat
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 Kelas/Semester    Mata Pelajaran      Waktu         Hari/Tanggal      Mama Siswa              Nilai
 3  /  I                       I P A                 60 menit          
 Standar Kompetensi   : 3. Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan
                                          kegunaannya  dalam kehidupan sehari-hari  
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 I. ISILAH TITIK-TITIK DI BAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN BENAR!

      1. Benda-benda yan ada di sekitar kita diciptakan oleh ....
     2. Buku, ember, sapu, batu dan tanah adalah contoh benda .....
     3. Wujud benda yang paling mudah dibawa bepergian adalah ....
     4. Air, kecap, bensin, sirop, dan solar merupakan contoh benda ....
     5. Air mengalir ke tempat yang lebih ....
     6. Bentuk air seperti ....
     7. Dua contoh benda gas yaitu .....
     8. Udara yang bergerak disebut ....
     9. Gerakan udara disebut ....
   10. Wujud benda yang tidak terlihat disebut benda ....
II. JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN JELAS!
      1. Tuliskanlah 3 (tga) macam wujud benda?_______________________________________
          _______________________________________________________________________
          _______________________________________________________________________
     2. Jelaskanlah perbedaan benda padat dengan benda cair!  __________________________
           _______________________________________________________________________
           _______________________________________________________________________
     3. Uraikanlah 2 (dua) sifat benda padat! __________________________________________             _______________________________________________________________________
           _______________________________________________________________________
     4. Tuliskanlah 5 (lima) contoh beda padat yang terdapat di ruang kelas! _________________
          _______________________________________________________________________
           _______________________________________________________________________
     5. Mengapa atap rumah dibuat miring?  __________________________________________
           _______________________________________________________________________
           _______________________________________________________________________
  
     6. Tuliskanlah 2 (dua) contoh perubahan wujud benda cair menjadi gas!_________________
           _______________________________________________________________________
           _______________________________________________________________________
     7. Disebut apakah gerakan air?_________________________________________________
         _______________________________________________________________________
          _______________________________________________________________________
     8. Bagaimana cara mengubah wujud benda cair menjadi padat! _______________________
          _______________________________________________________________________
          _______________________________________________________________________
     9. Jelaskanlah perbedaan benda cair nengan benda gas! ____________________________
          _______________________________________________________________________
          _______________________________________________________________________
   10. Mengapa balon yang melayang di udara meletus? _______________________________
         _______________________________________________________________________
         _______________________________________________________________________

Jumat, 09 November 2012

PENGGOLONGAN HEWAN


1. Berdasarkan makanannya
    a. hewan pemakan tumbuhan (herbivora)
        contoh: kambing, kerbau, rusa, sapi, zebra, zerafah,  kancil, dan lainnya
    b. hewan pemakan daging (karnivora), contoh: singa, harimau, buaya, ular,
        dan lainnya
    c. hewan pemakan daging dan tumbuhan (omnivora), contohnya: beruang,
        anjing, ayam, bebek, babi, kucing, tikus dan lainnya
2. Berdasarkan cara bergeraknya
    a. hewan yang bergerak dengan cara terbang dan berjakan
        contoh: burung, ayam, bebek belalang, kupu-kupu, lalat, dan lainnya
    b. hewan yang bergerak dengan cara berjalan 
        contoh: kuda, semut, sapi, kerbau, harimau, singa, kancil, dan lainnya
    c. hewan yang bergerak dengan cara berenang
        contoh: ikan dan lainnya
    d. hewan yang bergerak dengan cara melompat 
        contoh: katak, kodok, kangutu, dan lainnya
    e. hewan yang bergerak dengan cara merayap
        contoh: ular, cacing, kadal, cecak, dan lainnya
3. Berdasarkan cara perkembangbiakannya
    a. dengan cara bertelur
        contoh: ayam, ular, cicak, nyamuk, bebek, belalang, semut, dan lainnya
    b. dengan cara melahitkan,
        contohnya: kuda, kambing, kucing, tikus, sapi. harimau, dan lainnya
    c. dengan cara bertelur dan melahirkan,
        contoh:  paus, lumba-lumba, hiu, kadal, dan lainnya
4. Berdasarkan tempat hidupnya
    a. hewan yang hidup di air
        contohnya: ikan. dan lainnya
    b. hewan yang hidup di darat
        contoh: kambing, singa, sapi, ayam, kucing, zebra, bison, dan lainnya
    c. hewan yang hidup di air dan darat (disebut ampibi)
        contoh: buaya, katak, dan lainnya 
    d. hewan yang hidup di udara
        contoh: burung, dan lainnya
5. Berdasarkan penutup tubuhnya
    a. hewab bersisik
        contoh: ikan, ular dan lainnya
    b. hewan berbulu
        contoh: burung, ayam, bebek, angsa dan lainnya
    c. hewan bertambut
        contoh: kucing, beruang, kelinci
    d. hewan bercangkang dan lainnya
        contoh: kura-kura, keong dan lainnya
6. Berdasarkan jumlah kakinya
    a. hewan tidak berkaki
        contoh: ikan, ular, cacing, belut, dan lainnya
    b. hewan berkaki dua
        contoh: burung, ayam, bebek, anggsa dan lainnya
    c. hewan berkaki empat
        contoh: kambing, singa, sapi, kucing, zebra, buaya, katak, bison, dan lainnya
    d, hewan berkaki banyak atau lebih dari empat
        contoh: kelabang, kaki seribu, belalang, semut, dan lainnya

PENGGOLONGAN TUMBUHAN

Tumbuhan dapat dikelompokkan berdasarkan kesamaan ciri-cirinya, yaitu:
1. Berdasarkan jemis batangnya
   
a. tumbuhan berbatang kayu
        contoh: pohon mangga, pohon jambu, pohon sirsak, pohon nangka, dan lainnya
    b. tumbuhan berbatang rumput
        contoh: padi, jagung, tebu, bambu, dan lainnya
    c. tumbuhan berbatang basah
        contoh: pisang, pepaya,
2. Berdasarkan jenis bijinya
   
a. tumbuhan monokotil yaitu tumbuhan yang bijinya berkeping satu atau tidak berbelah 
        contoh: padi, jagung, kelapa, salak, dan lainnya
    b. tumbuhan dikotil yaitu tumbuhan yang bijinya berkeping dua atau berbelah dua
        contoh: mangga, jeruk, kacang tanah, kacang panjang, jambu, tomat dan cabai
3. Berdasarkan tulang daunnya
   
a. tumbuhan bertulang daun menjari
        contoh: daun, singkong, daun pepaya
    b. tumbuhan bertulang daun menyirip
        contoh: daun mangga, daun nangka, daun
    c. tumbuhan bertulang daun sejajar
        contohnya: daun padi, daun tebu dan daun jagung
    d. tumbuhan bertulang daun melengkung
        contoh: daun waru, daun sirih. daun gadung
4. Berdasarkan jenis akarnya
   
a. tumbuhan berakar tunggang
        contoh: mangga, jeruk, jambu, tomat dan cabai
    b. tumbuhan berakar serabut
        contoh: bawang, padi, jagung, pisang, kelapa, tebu, dan lainnya
5. Berdasarkan tempat hidupnya
   
a. tumbuhan yang hidup di air
        contloh: eceng gondok, teratai
    b. tumbuhan yang hidup di darat
        contoh: pisang, mangga, kelapa danlain lain
    c. tumbuhan parasit yaitu tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain
        contoh: benalu, tali putri, padma dan rafflesia arnoldi

Cara Hewan Bernapas

Hewan Bernafas Tidak seperti pada tumbuhan yang alat pernafasannya tidak dapat dilihat dengan mata saja alat pernapasan pada sebagian bes...