Sabtu, 16 Februari 2013

Pokok Keterampilan Dasar Guru




Keterampilan membuka pembelajaran:
  1. Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa
  2. Memulai pembelajaran setelah siswa siap untuk belajar
  3. Menginformasikan materi yang dipelajari dan menjelaskan urgensinya
  4. Mengadakan appersepsi (mengkaitkan materi ajar yang disajikan dengan materi yang telah  
      dipelajari sehingga terjadi kesinambungan)
  5. Mengupayakan kegiatan pendahuluan relevan dengan pokok materi ajar harus jelas dan menarik

Keterampilan berkomunikasi:
  1. Bersuara lantang (didengar seluruh siswa dalam kelas)
  2. Berbicara dengan lafal dan intonasi yang tepat
  3. Menulis pada white bord / papan tulis mengikuti kaedah bahasa tulisan (EYD)
  4. Menggunakan bahasa isyarat dengan tepat

Keterampilan menjelaskan:
  1. Uraian penjelasan relevan dengan materi ajar
  2. Menggunakan ilustrasi dengan tepat
  3. Menggunakan contoh dengan tepat

Keterampilan memberi stimulus pembelajaran :
  1. Bergerak bebas  tidak terpaku pada satu tempat/posisi
  2. Menatap siswa secara menyeluruh dan merata
  3. Memberi isyarat  (melalui tatapan, gerakan tangan, gerakan badan, diam sejenak, mimik wajah, dll)  
  4. Pemusatan perhatian pada murid (penekanan pada hal yang penting-penting dengan  
      verbal/gestural)
  5. Pola interaksi (guru-kelompok/guru-murid/murid-murid)  

Keterampilan Bertanya:
  1. Membuat pertanyaan  dengan singkat dan jelas. 
  2. Membuat pertanyaan  yang beterkaitan dengan materi ajar
  3. Mengajukan pertanyaan ke seluruh siswa dalam kelas lebih dahulu,
  4. Memberi siswa waktu yang cukup untuk berpikir, bertanya, dan menjawab  
  5. Mendistribusikan pertanyaan secara merata di antara para siswa.  

 Keterampilan memberikan penguatan (reinforcement):
  a. Penguatan Verbal
      1. Mengucapkan kata-kata benar, bagus, tepat, dan bagus sekali bila murid
          menjawab/mengajukan pertanyaan.
      2. Mengucapkan kalimat pekerjaanmu baik sekali, saya senang dengan  pekerjaanmu, pekerjaanmu  
          makin lama makin baik, pikir dulu, dan lihat lagi, untuk membesarkan hati dan memberikan
          dorongan.

  b. Penguatan Non Verbal
      1. Memberi penguatan berupa senyuman, anggukan, pandangan yang ramah, atau gerakan badan. 
      2. Memberi penguatan dengan cara mendekati.  
      3. Memberi penguatan dengan sentuhan.  
      4. Memberi penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan.  
      5. Memberi penguatan dengan memberikan hadiah yang relevan dan rasional
   
Keterampilan menutup pembelajaran:
  1. Menyimpulkan KBM dengan tepat  
  2. Membuat pembelajaran bermakna bagi siswa melalui refleksi pembelajaran
  3. Menggunakan kata-kata yang memebesarkan hati siswa  
  4. Memberikan evaluasi lisan maupun tulisan  
  5. Mengevaluasi beberapa aspek dengan berbagai teknik  

Cara Hewan Bernapas

Hewan Bernafas Tidak seperti pada tumbuhan yang alat pernafasannya tidak dapat dilihat dengan mata saja alat pernapasan pada sebagian bes...