Rabu, 20 Februari 2013
Sabtu, 16 Februari 2013
Pokok Keterampilan Dasar Guru
Keterampilan membuka pembelajaran:
1. Memperhatikan sikap dan tempat duduk siswa
2. Memulai pembelajaran setelah siswa siap
untuk belajar
3. Menginformasikan materi yang dipelajari
dan menjelaskan urgensinya
4. Mengadakan appersepsi (mengkaitkan materi ajar
yang disajikan dengan materi yang telah
dipelajari sehingga terjadi kesinambungan)
5. Mengupayakan kegiatan pendahuluan relevan dengan
pokok materi ajar harus jelas dan menarik
Keterampilan berkomunikasi:
1.
Bersuara lantang (didengar seluruh siswa dalam kelas)
2.
Berbicara dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.
Menulis pada white bord / papan tulis mengikuti kaedah bahasa tulisan (EYD)
4.
Menggunakan bahasa isyarat dengan tepat
Keterampilan menjelaskan:
1. Uraian penjelasan relevan dengan materi ajar
2. Menggunakan ilustrasi dengan tepat
3. Menggunakan contoh
dengan tepat
Keterampilan memberi stimulus pembelajaran :
1. Bergerak bebas tidak terpaku pada satu tempat/posisi
2. Menatap siswa secara menyeluruh dan merata
3. Memberi isyarat (melalui tatapan, gerakan tangan, gerakan badan,
diam sejenak, mimik wajah, dll)
4. Pemusatan perhatian pada murid (penekanan
pada hal yang penting-penting dengan
verbal/gestural)
5. Pola interaksi
(guru-kelompok/guru-murid/murid-murid)
Keterampilan Bertanya:
1. Membuat pertanyaan dengan singkat dan jelas.
2. Membuat pertanyaan yang beterkaitan dengan materi ajar
3. Mengajukan pertanyaan ke seluruh siswa
dalam kelas lebih dahulu,
4. Memberi siswa waktu yang cukup untuk berpikir,
bertanya, dan menjawab
5. Mendistribusikan pertanyaan secara merata
di antara para siswa.
Keterampilan
memberikan penguatan (reinforcement):
a. Penguatan Verbal
1. Mengucapkan kata-kata benar, bagus,
tepat, dan bagus sekali bila murid
menjawab/mengajukan pertanyaan.
2. Mengucapkan kalimat pekerjaanmu
baik sekali, saya senang dengan pekerjaanmu,
pekerjaanmu
makin lama makin baik, pikir dulu, dan lihat lagi,
untuk membesarkan hati dan memberikan
dorongan.
b.
Penguatan Non Verbal
1. Memberi penguatan berupa senyuman,
anggukan, pandangan yang ramah, atau gerakan badan.
2. Memberi penguatan dengan cara
mendekati.
3. Memberi penguatan dengan sentuhan.
4. Memberi penguatan dengan kegiatan yang
menyenangkan.
5. Memberi penguatan dengan memberikan
hadiah yang relevan dan rasional
Keterampilan menutup pembelajaran:
1. Menyimpulkan KBM dengan tepat
2. Membuat pembelajaran bermakna bagi siswa
melalui refleksi pembelajaran
3. Menggunakan kata-kata yang memebesarkan
hati siswa
4. Memberikan evaluasi lisan maupun tulisan
5. Mengevaluasi beberapa aspek dengan
berbagai teknik
Langganan:
Postingan (Atom)
Cara Hewan Bernapas
Hewan Bernafas Tidak seperti pada tumbuhan yang alat pernafasannya tidak dapat dilihat dengan mata saja alat pernapasan pada sebagian bes...
-
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan : SDN Kramat 04 Petang ...
-
T umbuhan dapat dikelompokkan berdasarkan kesamaan ciri-cirinya, yaitu: 1. Berdasarkan jemis batangnya a. tumbuhan berbatang kayu ...
-
KURIKULUM 2013