Rabu, 12 Maret 2014

GERAK BENDA



GERAK BENDA
Gerak adalah peralihan tempat atau kedudukan. Gerak benda adalah perpindahan atau perubahan kedudukan suatu benda. Suatu benda dikatakan bergerak bila kedudukannya berubah;
Setiap benda dapat bergerak atau digerakkan. Ada yang bergerak sendiri dan ada yang digerakkan oleh benda lain. Benda yang dapat bergerak sendidi adalah makhluk hidup sedangkan benda yang bergerak hanya karena digerakkan benda lain adalah benda mati.
Benda dapat bergerak dengan bermacam cara, seperti:
   - berputar, contoh;  kincir air, kipas angin
   - menggelindimg, contoh; kelereng disentil, roda pedati sedang benjalan
   - melayang, contoh; kertas yang tertiup angin
   - jatuh, contok buah mangga yang lepas dari tangkainya
   - memantul, contoh; bola yang dilemparkan ke tembok
   - mengalir, contoh; air di salurang air atau sungai
   - berhembus, contoh; udara yang keluar dari mulut ketika kita bernapas
Benda dapat bergerak terutama karena faktor benda tersebut mendapat gaya.
Tanpa gaya benda tidak dapat bergerak. Semakin besar gaya yang diberikan terhadap suatu benda, maka gerak benda tersebut semakin cepat
Selain gaya ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi gerak benda, yaitu: bentuk benda, berat benda, keadaan permukaan benda, dan keadaan lintasan benda.
Benda yang bentuknya bulat akan lebih mudah bergerak dibandingkan dengan benda yang berbentuk balok.

Udara Bergerak
Udara itu tidak bisa dilihat karena tidak memiliki wujud. Dengan aliran udara yang kita rasakan kita memastikan bahwa udara itu memang ada. Bendera yang berkibar, pohon yang bergoyang melambai-lambai adalah karena aliran udara. Dan aliran udara yang bergerak itulah yang kita sebut angin.

Mengapa udara bergerak?
Matahari yang yang memancakan cahaya dan panasnya menghangatkan bumi secara tidak merata. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan tekanan udara di permukaan bumi. Sifat udara yang “memuai jika dipanaskan” dan ”berhembus dari tempat yang tekanan udaranya tinggi ke tempat yang tekanan udaranya rendah” menyebabkan udara bergerak.
Angin yang paling kuat, hebat dan dahsyat adalah angin dalam tornado. Pusaran angin raksasa yang sering terjadi pada saat sepanjang musim semi di wilayah bagian tengah Amerika Serikat ini memiliki kekuatan yang sangat kuat sehingga saking kuatnya kekuatan angin tornado ini mampu mengangkat beberapa benda berat seperti mobil terbang ke angkasa.

Air Bergerak
Berbeda dengan gerakan udara yang pembuktiannya hanya dengan akibatnya yang kita rasakan dan lihat, gerakan air dapat kita lihat dan rasakan langsung. Kita bisa lihat rasakan aliran/gerakan air di sungai, selokan, air terjun. Gerakan air disebut mengalir.

Mengapa air bergerak?
Air bergerak/mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah

Tidak ada komentar:

Cara Hewan Bernapas

Hewan Bernafas Tidak seperti pada tumbuhan yang alat pernafasannya tidak dapat dilihat dengan mata saja alat pernapasan pada sebagian bes...