Sabtu, 24 November 2012

RPP MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan         :  SDN Kramat 04 Petang
Mata Pelajaran               :  Matematika
Kelas/Semester              :  III/1
Alokasi Waktu               : 

Standar Kompetensi :  
     2.  Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
           pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar     : 
    2.2 Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
Indikator                    :
       1. Menggunakan alat ukur panjang

A. Tujuan Pembelajaran
     Melalui penjelasan, peragaan dan unjuk kerja siswa mengenal dan dapat menggunakan 
     alat ukur panjang
.
B. Materi Pokok
        Pengukuran.
                      - alat ukur panjang (mistar, penggaris)

C. Nilai Budaya dan Karakter Bangsa yang diharapkan
        - ketelitian            - kreativitas
        - ketekunan            - percaya diri

D. Metode dan Skenario Pembelajaran
        - ceramah            - Tanya jawab,
        - penugasan

E. Kegiatan Belajar Mengajar
    Kegiatan Awal 
    Apersepsi:
    -  Salam, baca doa, dan absensi kehadiran siswa
    -  Mengondisikan siswa melalui mengemukakan materi ajar yang akan dipelajari dan tujuan
       mempelajarinya
   Kegiatan Inti
   1. Eksplorasi
       - Siswa memperhatikan dan mengamati beberapa alat ukur panjang yang terbuat dari 
          bahan yang berbeda yang guru tunjukkan
       - Guru dan siswa bertanya jawab dan menggali pengalaman mereka yang relevan  
          dengan alat ukur panjang
    2. Elaborasi
       - Siswa memperhatikan penjelasan dan peragaan guru tentang cara menggunakan alat 
          ukur panjang
       - Beberapa siswa secara bergantian mengukur panjang buku, pensil atau potongan lidi 
          yang telah disiapkan, dan siswa yang lain memperhatikan dan menanggapinya
       - Siswa mengukur panjang potongan kertas yang guru bagikan di meja masing-masing
       - Siswa melaporkan hasil pengukurannya dan ditanggapi guru serta memberi penjelasan
          singkat bila masih ada yang salah
    3. Konfirmasi
       - Siswa diberi kesmpatan untuk bertanya tentang materi ajar
       -.Guru menuntun siswa membuat refleksi pembelajaran.
    Kegiatan Akhir  
       - Guru membimbing siswa merangkum materi pembelajaran
       - Guru memberikan tugas atau PR.
F. Alat dan Sumber Belajar
       - Mistar (penggaris), meteran
       - Buku Matematika SD Kelas III, BSE.
       - LKS Matematika 3A. Kls 3 SD, BSE





G. Penilaian
     A Teknik
        - Tes tertulis  dan perbuatan.
     B. Alat tes
        
        1. Buatlah garis lurus yang panjangnya:
           a, 4 centimeter
           b. 6 centimeter
           c. 9 centi meter
       
         2. Ukurlah panjang potongan kertas yang Bapak bagikan (Guru membagikan 2 (dua)
             potongan kertas tiap anak dengan ukuran yang beda)

    C.  LEMBAR JAWABAN
    
         1.  a. .................
              b. .................
              c. .................
         2.  a ...................
              b. ..................
   
    D.  Skor Nilai
            No. Soal                 Bobot
                   1                        3
                   2                        2 +
             Jumlah Skor            5
   
            Nilai = Skor X 2


                                                                                           
                     Mengetahui                                                    Jakarta,   Nopember 2012                        
                 Kepala Sekolah                                                            Guru Kelas 3
                                                               


              -------------------------                                                ----------------------------

Tidak ada komentar:

Cara Hewan Bernapas

Hewan Bernafas Tidak seperti pada tumbuhan yang alat pernafasannya tidak dapat dilihat dengan mata saja alat pernapasan pada sebagian bes...