Minggu, 01 Oktober 2017

LATAR CERITA



A. Pengertian latar
Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa. Latar meliputi semua keterangan, petunjuk pengaluran yang berhubungan dengan suasana, kesibukan si pelaku/tokoh, waktu berlakunya peristiwa, lingkungan agama, musim, moral, intelektual sosial, serta emosional si pelaku/tokoh.
B. Macam-macam latar
Jenis atau macam-macam latar diantaranya sebagai berikut ini:
1. Latar waktu
Kapan tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti misalnya: Pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, dimasa depan, dan lain sebagainya.
2. Latar tempat
Dimana tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa didalam cerita. Seperti misalnya: di dalam bangunan tua, di pantai, di lautan, di sawah, di sekolah, di sebuah pesawat, di pinggir sungai, di ruang angkasa, dan lain sebagainya
3. Latar suasana
Dalam keadaan atau situasi bagaimana si tokoh atau si pelaku malakukan sesuatu. Seperti misanya: saat galau, gembira, lelah, sedang hujan, pusat keramaian, suara bising bi bandara  dan lain sebagainya.
4. Latar alat
Alat apa  yang diperlukan atau digunakan  si pelaku dalam suatu cerita. Seperti misalnya: Tombak, pedang, paku, pistol, panah, buku, pulpen, dan lain sebagainya.
C. Fungsi latar
Fungsi dari latar sendiri yaitu untuk memberikan suatu gambaran yang jelas tentang suatu peristiwa yang terjadi pada suatu karya sastra dan memberikan informasi yang jelas mengenai situasi didalam sebuah cerita.

Tidak ada komentar:

Cara Hewan Bernapas

Hewan Bernafas Tidak seperti pada tumbuhan yang alat pernafasannya tidak dapat dilihat dengan mata saja alat pernapasan pada sebagian bes...